Penjelasan Server Down

Kali ini saya akan membahas tentang Penjelasan Server Down. Anda jangan hawatir jika server down mari kita baca penjelasan berikut.

Sebelum mengerti tentang terminologi server down, ada baiknya membahas tentang server terlebih dahulu. Server merupakan sistem komputer yang menyediakan jenis layanan dalam jaringan komputer. Termasuk ke dalamnya merupakan akses untuk menjalankan perangkat lunak yang mengontrol jaringan, serta akses workstation terhadap anggota jaringan.

Ketika sistem tersebut mengalami kegagalan atau malfungsi, barulah disebut sebagai server down. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kegagalan sistem.

Berikut daftar Penyebab Server Down :

Masalah pada DNS

DNS adalah sistem yang mengubah URL situs menjadi alamat IP. Ketika DNS bermasalah, server secara otomatis tidak dapat ditemukan dan tidak dapat diakses secara publik. Oleh karena itu, pastikan DNS dipasang dengan benar pada hosting.

Pengunjung yang Terlalu Banyak

Dalam banyak hal, banyak pengunjung menunjukkan kesuksesan. Namun, terlalu banyak pengunjung pada satu waktu dapat menyebabkan kegagalan sistem. Tentu saja solusinya sederhana, dengan meningkatkan kapasitas hosting web atau memfilter IP dengan frekuensi abnormal.

Single Point Of Failure (SPOF)

Spof adalah salah satu kelemahan sistem yang menyebabkan sistem yang baik gagal, dan kesalahan. Kegagalan ini biasanya dapat menghentikan sistem.

Menghilangkan spof adalah kasus mendasar yang dapat dihilangkan dengan desain yang baik pada pengembangan situs awal. Mulai dari pemilihan perangkat fisik, untuk disiplin dalam memantau sistem yang sedang berjalan.

Aplikasi Bajakan

Aplikasi bajakan dapat memengaruhi kinerja hosting lainnya. Selalu berhati-hati dalam menginstal aplikasi di hosting server. Pastikan aplikasi ini dapat diandalkan dan kredibel.

Bencana Alam

Tentu saja, bencana alam tidak dapat diprediksi sebelumnya. Perencanaan pemulihan atau pemulihan adalah satu-satunya cara untuk meminimalkan dampak kerusakan dan kerugian oleh bencana alam.

Peretas

Peretas atau lebih sering disebut peretas adalah individu yang sengaja membobol dan mengambil alih sistem dengan tujuan tertentu. Pastikan sistem memiliki keamanan yang baik dan berlapis untuk menghindari masalah yang satu ini.

DDOS

DDOS adalah serangan kolektif pada sistem yang terjadi bersama pada satu waktu sehingga sistem tidak dapat berjalan.

Memeriksa server yang mengalami kegagalan sistem yang relatif mudah. Ini bahkan dapat dilakukan dengan bantuan situs online lainnya. Berikut adalah daftar situs yang dapat dikunjungi untuk memeriksa apakah situs lain dan server mengalami kegagalan sistem.

  • Isitdownrightnow.com
  • Downforeveryoneorjustme.com
  • Isitdown.us
  • Down.com
  • Just-ping.com
  • Site24x7.com

Sekian penjelasan tentang server down, Semoga bermanfaat dan menambah ilmu. Bila anda ingin membuat hosting silahkan kunjungi kami di AZKHOSTING Layanan Hosting Murah Terbaik Untuk Website Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *