Pengertian Inodes Hosting

Inode merupakan struktur data-data dalam sistem Unix-style, yang menggambarkan objek file-sistem seperti file atau direktori. Inode menyimpan atribut dan lokasi blok disk dari data objek .

Inodes yakni jumlah file yang bisa ditampung dalam sebuah shared hosting. Jumlah inodes dalam setiap paket hosting berbeda-beda, bergantung pada paket hosting yang digunakan. Jumlah inodes tersebut bisa dicek pada sidebar cPanel

Usahakan inodes tidak terlalu penuh karena file di hosting anda berikutnya tidak dapat tersimpan, atau menumpuk file lama, sehingga menimbulkan data yang tidak konsisten.

Selain itu, penuhnya inodes dapat menyebabkan hosting tidak dapat ter-backup dengan sempurna. Performa hosting secara keseluruhan juga dapat terganggu.

Karena itu, hapus file, database, atau email lama yang sudah tidak digunakan. Jumlah inodes sama dengan jumlah file dan direktori dalam sebuah akun hosting.

Sebagai contoh, jika dalam sebuah akun hosting terdapat 3 direktori dengan 15 file maka total inodes berjumlah 18.

Untuk mencegah Inodes melebihi batas, lakukan dua langkah berikut: Pertama, periksa penggunaan cache. Jika website kita menggunakan cache, pastikan skrip yang kita gunakan melakukan pembersihan terhadap cache lama yang sudah tidak digunakan.

Kedua, kontrol penggunaan file dan folder. Hapus semua file dan email yang tidak lagi digunakan.

Mungkin hanya itu pengertian tentang Inodes Hosting. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu untuk anda para pembaca

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *