Mengenal Apa Itu PBN ?

PBN (private blog network) adalah istilah penting yang harus Anda ketahui. Istilah ini menjadi tren di antara praktisi dan penerbit SEO karena mereka dianggap sebagai salah satu langkah praktis, untuk membangun backlink berkualitas. Bagi Anda yang telah lama ditiup oleh blog, tentu saja, tidak asing dengan istilah ini. Meskipun bukan hal baru di dunia SEO, tetapi PBN dapat dikatakan sebagai salah satu offpage SEO yang sangat kuat.

Apa itu PBN?

Sebelum Anda tahu apa saja keuntungan menggunakan PBN, maka Anda harus paham apa itu PBN. Private Blog Network adalah sebuah jaringan blog yang sengaja dibuat dan dikelola oleh pemilik yang sama. Hal ini bertujuan untuk memberi suntikan backlink menuju blog utama. Ini juga merupakan salah satu teknik SEO tertua yang banyak digunakan untuk mengoptimasi website sehingga posisi artikel akan muncul di halaman utama di mesin pencarian.

Lantas apa yang membedakan PBN dengan blog biasa? Perbedaannya di sini  bisa dilihat dari metrik domainnya. Blog yang dibuat khusus untuk PBN biasanya menggunakan  domain tua. Sedangkan untuk blog biasa, biasanya menggunakan domain tangan pertama. Menggunakan PBN juga merupakan langkah praktis untuk memanipulasi algoritrma mesin pencari seperti Google. Ini tentunya sangat cocok digunakan untuk bisnis online seperti toko online, layanan jasa atau blog yang khusus memaksimalkan Google Adsense.

keuntungan menggunakan PBN?

  • Keyword potensial dapat dengan mudah masuk di Google
  • Lebih cepat menambah pengunjung
  • Sumber backlink berasal dari tema yang relevan
  • Efek yang ditimbulkan sangat maksimal dan mampu meraih keuntungan pada website yang fokus untuk menghasilkan uang

Adakah kekurangan menggunakan PBN?

Meski menguntungkan, namun PBN juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut;

  • Proses pembuatan yang cukup rumit
  • Membutuhkan perawatan berlebih untuk hasil yang maksimal
  • Memerlukan modal besar karena biaya sewa domain dan hosting di Indonesia yang cukup mahal

Bagaimana cara membangun PBN untuk meningkatkan kualitas SEO?

Ide PBN sendiri sebenarnya berawal dari salah satu parameter algoritma search enggine dalam menentukan peringkat website yaitu dari backlink. Jika Anda ingin “bermain” dengan PBN, maka diperlukan keberaniaan. Hal tersebut agar website Anda tidak menjadi salah satu korban keganasan binatang peliharaan Google.

Mengapa demikian? Karena teknik SEO menggunakan metode Private Blog Network ini memang berada di ranah abu-abu (whitehat) akibat memanipulasi link building untuk menaikkan posisi website di mesin pencari.

Meskipun pihak Google juga bakal menyingkirkan website atau blog yang memiliki konten berkualitas rendah, namun teknik PBN hingga saat ini masih banyak digandrungi oleh para praktisi SEO di dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi Anda yang juga ingin memaksimalkan PBN untuk meningkatkan SEO website, berikut tips yang bisa Anda lakukan;

  1. Pilihlah registrar domain dan IP hosting yang beragam
  2. CMS yang bervariasi agar terlihat lebih natural
  3. Hindari mengisi data whois sama untuk setiap domain
  4. Jangan ada linkwheel antar PBN agar tidak dicurigai oleh web crawl
  5. Buatlah tampilan PBN seunik mungkin
  6. Gunakan variasi TLD
  7. Pastikan Anda menggunakan konten berkualitas dan hindari hanya copy-paste

PBN bukanlah satu-satunya cara untuk mendongkrak posisi website di hasil penelusuran mesin pencari. Selain PBN masih ada banyak cara lagi yang sama-sama efektif atau bahkan bisa lebih powerfull dibandingkan cara ini. Akan tetapi banyak penggiat SEO yang lebih memilih menggunakan PBN karena dianggap lebih mudah dan berkualitas.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *