Memilih Tema WordPress Ramah SEO

Memilih tema WordPress adalah sebuah proses yang tidak mudah. Karena tema merupakan komponen penting yang pertama kali dilihat oleh pelanggan saat berkunjung ke website Anda. Tema yang digunakan pun harus sesuai kebutuhan saat ini, seperti desain yang menarik, ramah SEO, dan juga user friendly. Tema yang menarik akan memberikan kesan yang bagus sehingga membuat pelanggan betah berlama-lama di website Anda.

Sebagai pemilik website WordPress, Anda harus memastikan tema yang Anda pilih SEO friendly. Hal ini tidak hanya membantu website Anda mendapatkan peringkat yang tinggi dimesin pencari, tetapi juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Berikut ada beberapa cara memilih tema WordPress ramah SEO.

  • 1. Pilih Tema yang Ringan
  • 2. Responsif dan Mobile-First
  • 3. Kompatibel dengan Browser Apapun
  • 4. Kompatibel dengan Berbagai Plugin SEO
  • 5. Memiliki Schema.org Markup

1. Pilih Tema yang Ringan

Sebagian besar tema WordPress yang ramah SEO cenderung tidak terlalu besar. Namun ada baiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah tema yang Anda pilih berat atau ringan sebelum Anda memasangnya. Karena jika tema Anda terlalu komplek dan banyak elemen, hal tersebut dapat membuat website Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk dimuat. Proses pemuatan yang lama secara otomatis memperlambat kecepatan website dan mengakibatkan tidak munculnya beberapa atau bahkan seleuruh elemen yang ada di dalam website Anda.

2. Responsif dan Mobile-First

Di era yang semakin canggih ini, pengguna internet sudah bisa mengakses website melalui smartphone dan juga tablet, tidak hanya melalui komputer desktop ataupun laptop saja. Hal inilah yang membuat website yang responsif sangat dibutuhkan. Jika website tidak begitu responsif maka pelanggan akan tidak betah dan mencari website yang lebih menarik untuk dikunjungi.

Pastikan untuk memilih tema WordPress yang kompatibel dengan perangkat seluler, sehingga pengunjung tidak mengalami kesulitan saat akan mengakses dengan perangkat apapun.

3. Kompatibel dengan Browser Apapun

Tema yang Anda pilih selain responsif dan mobile-friendly juga harus kompatibel dengan berbagai browser apapun. Hal ini penting karena pengguna tidak hanya melihat website Anda dengan satu jenis browser saja. Ada banyak pilihan browser yang ada dan setiap browser dapat menafsirkan kode dengan cara yang berbeda.

Jika tema yang Anda pilih sudah responsif namun pada browser tertentu tidak mendukung website Anda, bisa jadi tema Anda tidak ditampilkan dengan benar. Tema WordPress yang ramah SEO harus kompatibel dengan browser populer seperti Internet Explorer, Google Chrome, Safari, Opera, dan Mozilla Firefox.

4. Kompatibel dengan Berbagai Plugin SEO

Plugin merupakan bagian yang tidak akan terpisahkan dari sebuah website WordPress. Jika tema yang Anda pilih tidak sesuai plugin-plugin yang ada di WordPress, akan jadi masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus memastikan bahwa tema yang Anda pasang tidak hanya SEO friendly tapi juga kompatibel dengan plugin yang Anda miliki ataupun yang Anda butuhkan.

5. Memiliki Schema.org Markup

Dari sudut pandang SEO, yang cenderung meningkatkan kualitas website adalah tema yang menggunakan schema.org markup. Dengan begitu mesin pencari mampu memahami klasifikasi lebih baik pada daftar mereka. Efek positif yang ditimbulkan yaitu meningkatnya jumlah pengunjung di website Anda melalui hasil mesin telusur.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *