Memilih Endorse untuk Bisnis Anda

Diera 4.0 ini kita pasti tidak asing dengan kata endorse. Di Sosial Media pasti banyak yang menggunakan kata ini terutama para artis.Mereka mempromosikan berbagai macam produk, seperti makanan, fashion, obat herbal maupun tempat tertentu.Lalu bagaimana sih Tips Memilih Endorse untuk Bisnis Anda?

Endorse secara umum diartikan sebuah dukungan atau support dari para artis media. Dalam melakukan endorse, biasanya seorang artis akan menggunakan foto atau video untuk memberikan informasi terkait produk tertentu mulai dari harga, keunggulan, promo yang sedang dilakukan, dan yang terakhir mereka akan mengajak pengikutnya untuk memakai atau membeli produk yang sama dengannya.

Jenis Endorsement :

  1. Berdasarkan fitur yang digunakan
  • Foto – Biasanya para artis endorse memposting foto dirinya dengan produk yang di endorse kemudian disertakan caption sesuai permintaan pemilik produk
  • Video – Selain foto para artis endorse juga memposting berupa video, akan tetapi biaya untuk video jauh lebih tinggi dibandingkan dengan foto. Dalam video tersebut biasanya para artis membaca deskripsi detail dari produk yang diendorse
  • Insta Story atau Insta TV – Selain foto dan video para artis juga bisa endorse dengan instastory atau insta TV yang dimana fitur ini memerlukan biaya yang lebih rendah dari foto maupun video karena durasi bertahannya hanya 24 jam

2. Berdasarkan bentuk kerjasama

  • Paid Promote – Pada umumnya para artis endorse memposting foto atau video dirinya dengan produk yang diendorse kemudian mendapat bayaran sesuai kesepakatan
  • Paid Endorse atau sponsorship – Dimana pemilik produk memberikan fasilitas lebih kepada para pengendorse. Biasanya jenis ini juga jasanya di kontrak secara eksklusif dengan artian artis tersebut tidak boleh meng endorse produk lain selama periode kontraknya.

Tips memilih endorser

  • Perhatikan interaksi endorser dengan para pengikutnya – selebgram dengan tipe yang ramah dan humble boleh Anda gunakan jasanya
  • Utamakan endorser yang bersedia memposting video – karena dengan video maka orang akan lebih tertarik dan penasaran dengan isi video dibandingkan foto yang langsung terlihat
  • Perhatikan track record endorser – cari tahu apakah endorser ini telah berpengalaman melakukan endorse dan apakah hasilnya memuaskan atau tidak dengan melihat komentar di postingannya
  • Perhatikan jenis postingannya – biasanya para selebgram memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang mengkhususkan dirinya pada fashion,kuliner ataupun travelling.
  • Endorser yang bertolak belakang dengan produk Anda bisa jadi Alternatif terakhir – misalnya seorang selebgram yang kurang tampan meng endorse produk fashion maka orang pasti akan fokus pada produknya bukan pada orangnya.
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *