Media Sosial yang Tren Untuk Marketing Di Tahun 2021

2020 adalah tahun yang tidak akan terlupakan oleh semua pelaku usaha. Beberapa pelaku usaha yang tidak sanggup menghadapi tantangan saat masa pandemi Covid-19 bahkan dipaksa untuk menutup usahanya. Hal ini menyebabkan jutaan orang harus rela dirumahkan. Kini masyarakat tengah mempersiapkan strategi bisnis guna menghadapi tahun 2021 dari rumah.

Meski begitu, beberapa orang memilih untuk menolak untuk menghentikan kreativitas, dan memulai bisnis kecil mereka dari rumah. Tergantung pada kecanggihan teknologi saat ini, bisnis rumahan meluas ke seluruh Indonesia, dan menciptakan harapan baru bagi pelaku bisnis.

Media sosial adalah salah satu alat yang berperan penting terhadap kesuksesan sebuah bisnis di kala pandemi. 3 Media Sosial yang Menjadi Tren Marketing Tahun 2021. Banyaknya anak muda produktif yang menggunakan platform sosial di internet ini membantu para pelaku usaha untuk terus mengembangkan produknya secara luas. Ditambah lagi, beberapa platform sosial ini akan meng-upgrade fitur mereka agar para pelaku usaha lebih mudah memasarkan produknya di tahun 2021.

Platform Sosial Penyedia Fitur Marketing

1. Facebook

Beberapa tahun belakangan Facebook menghadapi masa yang sangat sulit karena di klaim sebagai platform yang para penggunanya banyak melakukan hate speech, memperburuk keadaan politik sebuah negara, dan berada di tengah desakan untuk membubarkan perusahaannya karena sikap anti-persaingannya. Setelah memboikot beberapa iklan, mengkritik salah satu platform streaming berbayar, dan dipaksa untuk menutup beberapa grup yang mengganggu ketertiban, Facebook berhasil berdiri kokoh menuju tahun 2021.

Facebook mulai untuk menawarkan satu hal baru yang akan muncul di tahun 2021. Fitur pembaharuan tersebut akan memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Dibawah ini adalah beberapa fitur tambahan yang akan muncul pada tahun 2021:

  • Storefront Baru

Facebook mulai mengenalkan fitur shops pada platform sosialnya, dan juga Instagram yang menjadikan fitur ini sebagai pendorong kesuksesan finansial bagi Facebook. Shops dinilai akan memudahkan proses membangun sebuah e-commerce pada sebuah platform digital.

Fitur ini tidak hanya sekedar mempermudah koneksi antar penjual, dan pembeli di dalam platform. Namun juga berfokus pada pasar yang lebih besar seperti Indonesia, dan India, dimana Facebook menjadi platform yang pertumbuhannya sangat besar, dan ekonomi digitalnya mulai berkembang. Jika perkembangan ini berlanjut hal ini akan membuat Facebook menjadi destinasi utama dalam bertransaksi online, dan memperluas kesempatan bagi Facebook dan para pelaku usaha di seluruh dunia untuk meningkatkan potensi mereka.

2. Twitter

Setelah beberapa lama tidak mengeluarkan inovasi baru, platform ini akan mulai memperbaharui fitur di dalamnya. Setelah mencoba melakukan inovasi baru di tahun 2018, dan tidak terlalu membuahkan hasil yang baik, Twitter tetap menjadi platform dimana para pengguna internet bisa mendapatkan berita terbaru dikala mereka tidak bisa terlelap di tengah malam. Tahun 2021 Twitter mencoba untuk tidak menjadi platform yang pasif, dan meluncurkan fitur terbarunya.

  • Fleets

Hampir mirip dengan kegunaaan stories pada platform sosial lain, para pelaku usaha dapat mulai memasarkan produknya lewat fitur ini. Fitur tambahan ini akan menarik para penggunanya, ditambah lagi Twitter akan menambahkan beberapa tools hasil kerjasamanya dengan Chroma Labs yang akan membuat tampilan fleets lebih baik.

  • Topic Focus

Twitter juga akan menambahkan fitur yang akan memfokuskan pencarian beberapa topik yang dibuat khusus untuk kamu. Sehingga akan mempermudah para pelaku usaha untuk menggunakan keyword, atau tag agar produknya mudah ditemukan.

3. Instagram

Instagram menjadi platform kebanggaan Facebook setelah peluncuran perdananya pada tahun 2010. Platform yang sudah terintegrasi dengan tools e-commerce ini memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produknya, dan terbukti hampir semua pelaku usaha melakukan pemasarannya lewat Instagram. Beberapa fitur di Instagram yang memang difokuskan bagi para pelaku usahanya diantaranya adalah in-stream shopping, dan reels.

  • In-stream shopping

Sebagai platform yang berfokus kepada e-commerce, Instagram menghadirkan tab baru yang dinamakan Shop. Fitur ini memungkinkan para pembeli untuk dapat langsung membeli sebuah produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha dengan hanya memberikan respon kepada postingan gambar di Instagram. Instagram sudah menjadi tempat dimana banyak orang menemukan banyak produk, dan merek. Layanan yang ditawarkan ini dapat membuka beberapa kemungkinan potensi baru dalam pengalaman berbelanja online kamu.

  • Reels

Instagram mencoba membuat sebuah aplikasi yang hampir sama dengan TikTok. Reels diklaim akan sukses besar di India karena adanya pelarangan penggunaan TikTok pada negara tersebut. Namun, Instagram akan tetap memberikan beberapa tambahan untuk memperkuat posisi Reels seperti melalui deal ekslusif bagi influencer, dan fitur-fitur tambahan baru.

Dengan adanya deal ekslusif bagi influencer, Reels dinilai dapat meningkatkan engagement nya, dan akan berakibat buruk jika TikTok tidak memiliki inovasi khusus untuk melawan strategi Reels.

Itulah beberapa platform sosial yang dapat membantu bisnis kamu. AZKHOSTING dapat menyediakan layanan manajemen media sosial bagi platform sosial bisnis kamu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *