Gunakan Twitter Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Twitter merupakan salah satu sosial media yang masih menjadi primadona hingga saat ini. Dengan pengguna yang semakin bertambah setiap harinya, sosial media ini dapat Anda pertimbangkan untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi bisnis yang Anda miliki.

Saat menggunakan sosial media Twitter untuk promosi bisnis, tampil menonjol sangatlah penting dilakukan. Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis melalui Twitter secara efektif, diantaranya adalah:

1. Profil yang up-to-date

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat profil perusahaan semenarik mungkin dan pastikan Anda mengunggah gambar untuk foto profil dan header yang sesuai.

Jika Anda baru saja membuat akun twitter menggunakan nama perusahaan namun username yang diinginkan tidak tersedia, Anda dapat menambahkan CTA (Call to Action) di awal username. Contohnya @azkhosting.

Karena Pinned Tweet adalah postingan yang pertama kali dilihat ketika pengguna berkunjung ke profil twitter bisnis Anda, maka diusahakan untuk selalu menggantinya dengan informasi terbaru, promo, diskon, give away, dan lain sebagainya.

2. Optimasi konten

Agar konten yang Anda buat dapat dilihat oleh banyak pengguna, Anda perlu melakukan optimalisasi pada tweet yang akan Anda unggah.

Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menyisipkan tanda pagar atau hashtag pada tweet agar dilihat oleh lebih banyak pengguna. Namun penggunaan hashtag yang terlalu banyak pada unggahan juga tidak baik secara estetika.

Cukup gunakan satu atau dua hashtag yang sekiranya berkaitan dengan tweet Anda. Karena jika terlalu banyak menggunakan hashtag maka akan membuat tweet Anda terlihat seperti spam. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengamati seberapa sering Anda harus berkicau. Perusahaan pada umumnya akan mengunggah paling minimal satu tweet per hari.

Cobalah untuk melakukan eksperimen dengan waktu pengunggahan agar Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting sebuah tweet dan dilihat oleh banyak pengguna. Misalnya, pada waktu jeda makan siang, sore hari, atau bahkan malam hari, ketika orang-orang sedang beristirahat dan membuka akun sosial medianya.

3. Berinteraksi dengan audiens

Hal ini biasanya dilakukan dengan melibatkan audiens Anda. Dengan cara aktif membalas mention, melakukan kuis yang menarik atau aktivitas lainnya yang mengundang interaksi dengan followers Anda.

4. Menganalisis hasil

Dalam melakukan promosi, Anda harus memiliki tujuan terperinci yang berfungsi sebagai pegangan. Hal ini memudahkan Anda untuk menilai apakah strategi promosi yang Anda lakukan sudah efektif atau belum.

Untuk mengetahui perkembangan tweet yang selalu Anda buat, Anda dapat mengakses Twitter Analytics. Tujuannya adalah untuk melihat seberapa banyak jumlah klik yang Anda dapatkan dari link yang telah Anda unggah atau seberapa banyak orang yang berinteraksi dengan tweet Anda. Hasil analisis tersebut dapat Anda jadikan patokan untuk memahami jenis konten seperti apa yang disukai oleh audiens Anda.

5. Paid Promote

Bagi Anda sang pelaku bisnis, paid promote atau promosi berbayar melalui twitter bisa jadi pertimbangan untuk dilakukan, karena tweet Anda akan dilihat oleh pengguna twitter pada feeds atau hasil pencarian mereka.

Beberapa tips di atas akan semakin memudahkan Anda dalam menggunakan twitter untuk melakukan promosi bisnis Anda. Dan jangan lupa untuk mencantumkan alamat website pada profil twitter Anda agar bisnis lebih kredibel dan audiens dapat dengan mudah mengaksesnya.

Demikianlah tips mempromosikan bisnis Anda melalui twitter dari kami, semoga dengan adanya artikel ini pengetahuan Anda menjadi bertambah dan juga bermanfaat. Sukses selalu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *