GUNAKAN HASHTAG DI INSTAGRAM UNTUK PROMOSI BISNIS ANDA

Instagram merupakan platform media sosial terbesar yang dapat di akses oleh publik, tidak jarang instagram seringkali digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis mulai dari bisnis yang berskala kecil, menengah, hingga bisnis yang sudah besar sekalipun. Dengan banyaknya pengguna aktif, perusahaan B2C maupun B2B dapat menghasilkan keuntungan hanya dengan instagram sebagai media promosi. Penggunaan Hashtag Instagram untuk Promosi Bisnis

Mengapa profil bisnis Instagram, dan bagaimana tagar dapat membantu?

Instagram menawarkan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk mengubah profil mereka menjadi business page. Hal ini bisa membantu dalam menarik audiens yang tepat karena business profile memiliki akses ke fitur-fitur dan tools yang dimanfaatkan untuk memperkuat keberadaan mereka di jagad instagram.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik orang melihat postingan yang Anda buat adalah dengan menggunakan hashtag. Pengguna umumnya mengetikkan hashtag atau keyword pada search bar ketika akan mencari postingan foto, video, IGTV ataupun story dengan tema tertentu.

Pengguna dapat menambahkan hingga 30 hashtag dalam satu postingan dan video di IGTV. Jika hashtag yang diketikkan lebih dari 30, maka apa yang dicari tidak akan muncul. Namun berbeda dengan postingan foto, video, dan IGTV, story hanya bisa menggunakan 3 hashtag pada setiap post-nya.

Bagaimana cara menggunakan tagar pada strategi promosi bisnis di Instagram?

Mungkin menambahkan hashtag pada post, story, maupun IGTV akan terdengar mudah, namun Anda juga harus berpikir strategis dalam melakukannya. Anda harus dapat memilih hashtag yang tepat serta bermanfaat dalam satu waktu. Untuk mengetahui bagaimana menggunakan hashtag instagram dengan benar dan semestinya, pastikan Anda mengikuti trik-trik berikut ini.

1. Buat Hashtag Seunik mungkin

Jika Anda ingin brand bisnis Anda dapat dikenal diantara banyaknya kompetitor, Anda harus membuat hashtag seunik mungkin dan dicantumkan secara konsisten pada setiap post, story, dan juga video IGTV. Anda juga bisa mengajak audiens Anda untuk menggunakan hashtag ini ketika mereka akan membuat postingan yang berkaitan dengan brand Anda.

2. Selalu memperhatikan jumlah hastag yang digunakan

Seperti yang sudah dikatakan diawal, hashtag hanya dapat digunakan maksimal 30 hashtag dalam sekali postingan dan 3 hashtag untuk IGTV. Karena jika melebihi batas yang telah ditentukan maka postingan Anda akan terlihat seperti spam atau bot. Menurut sebuah penelitian, jumlah hashtag yang disarankan untuk sebuah post atau IGTV adalah sebelas.

3. Gunakan Hashtag di Kolom Komentar

Jika Anda khawatir postingan Anda tampak terlalu spammy, Anda dapat menaruh hashtag di kolom komentar saja. Anda bisa langsung menambahkannya setelah Anda mengunggah konten Anda. Sehingga hashtag yang Anda cantumkan nantinya menjadi hal pertama yang dilihat oleh audiens pada kolom komentar.

4. Pastikan Hashtag Sudah Sesuai Dengan Materi Foto

Sebelum mengunggah konten Anda, pastikan terlebih dahulu hashtag yang Anda gunakan sudah relevan dengan foto atau konten Anda atau belum. Anda tidak bisa asal dalam mencantumkan hashtag pada setiap postingan, tujuannya agar tidak hanya menarik audiens dengan tepat tapi juga agar pengguna dapat menemukan konten Anda.

5. Ikuti Tren Sesekali

Terkadang, ikut meramaikan hashtag yang sedang tren di instagram juga termasuk hal penting. Coba untuk mencari topik dan hashtag yang sedang tren dan amati apakah tren tersebut sesuai dengan konten yang ingin Anda buat. Namun Anda juga harus sabar karena tidak setiap tren yang sedang ramai bisa sesuai dengan konten-konten Anda.

6. Penggunaan Hashtag yang Bervariasi

Jika Anda sudah menggunakan hashtag dalam kurun waktu yang cukup lama namun tidak kunjung ada peningkatan, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk mengubah hashtag tersebut. Cobalah untuk melakukan riset kemudian bereksperimen dengan hashtag-hashtag yang baru.

Menggunakan hashtag baru memungkinkan Anda untuk mendapatkan audiens baru. Lakukanlah pemantauan pada performa akun instagram bisnis Anda untuk melihat hashtag manakah yang paling efektif dalam menarik perhatian audiens.

Contoh Hashtag Paling Populer untuk Memasarkan Jenis Bisnis yang Berbeda

Setelah mengetahui cara menggunakan hashtag di instagram, sekarang mari simak hashtag yang populer berdasarkan kategori berikut ini.

1. Umum
  1. #love
  2. #instagood
  3. #photooftheday
  4. #fashion
  5. #beautiful
  6. #happy
  7. #cute
  8. #tbt
  9. #like4like
  10. #followme
2. Digital Marketing
  1. #digitalmarketing
  2. #marketing
  3. #socialmediamarketing
  4. #business
  5. #onlinemarketing
  6. #digitalmarketingagency
  7. #digitalmarketingtips
  8. #digitalmarketingservices
  9. #digitalmarketinglife
  10. #digitalmarketingtools
3. Fashion
  1. #fashion
  2. #fashionblogger
  3. #fashionista
  4. #fashionable
  5. #fashionstyle
  6. #fashionblog
  7. #fashiongram
  8. #fashionaddict
  9. #fashionweek
  10. #fashiondiares
4. Travel
  1. #travel
  2. #travelgram
  3. #traveling
  4. #travelingphotograpy
  5. #travelling
  6. #travelblogger
  7. #traveler
  8. #travelersnotebook
  9. #travelingram
  10. #traveltheworld
5. Bisnis
  1. #business
  2. #businessman
  3. #businesswoman
  4. #businessowner
  5. #businessowners
  6. #businesscoach
  7. #businesswomen
  8. #businesslife
  9. #businesstips
  10. #businessminded
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *