Bahaya Nulled Theme Dan Plugin

Mungkin bagi sebagian orang istilah nulled theme dan nulled plugin masih terasa asing. Namun istilah tersebut harus diketahui oleh para pengguna WordPress, baik yang baru saja akan mempelajari WordPress maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia WordPress. Nulled theme dan nulled plugin tidak disarankan untuk digunakan, bahkan lebih baik dihindari saja. Karena nulled theme dan nulled plugin merupakan versi bajakan dari theme dan plugin WordPress premium. Tema dan plugin bajakan akan tersebar luas di internet dan dapat digunakan secara gratis. 

Mungkin dengan adanya versi bajakan dari theme dan plugin WordPress premium akan terlihat menyenangkan, tetapi ada berbagai macam konsekuensi yang harus Anda tanggung jika telah menggunakan tema serta plugin bajakan. Bisa saja saat Anda sedang menggunakannya, Anda mengalami efek samping dari theme dan plugin bajakan tersebut, sehingga untuk memperbaiki efek samping yang ditimbulkan Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan jika Anda nekat menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin.

1. Bahaya untuk Keamanan Website

Nulled theme dan plugin memungkinkan untuk mengandung malware. Pembuat tema dan plugin bajakan bisa saja menyebarkan kode-kode berbahaya ke dalam file yang berbeda guna menyamarkan diri sehingga sulit untuk terdeteksi dan diperbaiki ketika website terkena hack.

Akibatnya Anda kehilangan data-data penting website. Yang lebih parahnya lagi, website Anda dapat dihapus dari index Google yang berakhir dengan website Anda tidak akan muncul pada hasil pencarian.

2. Mengancam Privasi

Tidak hanya dapat menyebabkan website terkena serangan hacker, nulled theme dan plugin memiliki potensi untuk mencuri data privasi Anda. Mulai dari username, alamat email hingga password dapat dengan mudah dicuri melalui kode berbahaya yang bersembunyi di file-file tema atau plugin bajakan. Apabila Anda memiliki situs toko online, data privasi konsumen Anda juga dapat terancam.

Proses pencurian data privasi ini juga sulit terdeteksi karena seolah-olah website masih dapat berjalan normal dengan menggunakan tema dan plugin WordPress bajakan tersebut.

Mungkin penggunaan tema atau WordPress bajakan dapat menghemat uang Anda. Namun jika sudah terjadi pencurian data privasi konsumen, Anda bisa saja mengeluarkan biaya lebih mahal untuk membayar denda sebagai ganti rugi dan tentu website Anda akan memiliki reputasi yang buruk.

3. Tidak Menghargai Developer

Dengan menggunakan software ilegal, maka Anda tidak menghargai kerja keras para developer dalam membuat kode untuk sebuah tema dan juga plugin. Para developer telah mencurahkan tenaga, waktu, biaya, dan pikiran untuk dapat menghasilkan sebuah karya dengan kualitas terbaik. Dengan menggunakan nulled theme dan plugin, Anda secara tidak langsung sudah mematikan bisnis para developer.

4. Tidak Bisa Update

Biasanya tema dan plugin WordPress akan selalu merilis versi terbaru untuk memperbaiki bugs, menambah fitur baru, serta menyelesaikan masalah keamanan. Dan tentu saja tema dan plugin WordPress bajakan tidak dapat melakukan update karena merupakan software ilegal.

Hal ini menyebabkan situs Anda akan tetap menggunakan tema dan plugin versi lama yang penuh dengan bug serta tidak aman. Sedangkan harus rutin untuk melakukan update ke versi terbaru. Seringkali tema dan plugins harus selalu diupdate dengan mengikuti update WordPress agar tetap kompatibel atau berfungsi. Situs Anda akan mengalami error jika tidak bisa melakukan update tema dan plugin.

5. Bajakan itu Ilegal

Nulled theme dan plugin WordPress merupakan software bajakan, jadi secara tidak langsung Anda telah memakai software ilegal. Jika Anda tertangkap menggunakan software ilegal, maka konsekuensi yang harus Anda tanggung adalah membayar denda dan ganti rugi berupa uang kepada developer sebagai pemilik tema dan plugin legal. Dari pada membayar denda dan biaya ganti rugi yang mahal lebih baik Anda menggunakan tema dan plugin legal yang pasti lebih murah.

6.Tidak Dapat Mengakses Fitur Baru

Apabila Anda menggunakan tema dan plugin bajakan, maka secara otomatis Anda tidak dapat mengakses fitur baru yang tersedia pada tema atau plugin tersebut. Karena ketika melakukan update tema dan plugin akan mendapatkan fitur-fitur terbaru. Dengan adanya fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan performa situs secara signifikan.

7. Efek Buruk untuk SEO

Tema dan plugin bajakan dapat dengan mudah menghancurkan kualitas SEO Anda, misalnya dengan mengarahkan pengunjung ke situs yang berbahaya ataupun membanjiri situs Anda dengan spam link. Karena SEO website Anda juga menjadi sasaran dari nulled theme dan plugin WordPress.

Jika dengan mesin pencari seperti google yang dapat dengan mudah mendeteksi spam link yang bisa menyebabkan situs Anda terkena penalti atau lebih buruk akan terhapus dari indeks (de-index) pencarian google, berbeda dengan aktivitas yang merugikan seperti ini karena sangat disayangkan sulit terdeteksi oleh pemilik situs sebab tersembunyi dengan rapi di dalam file-file tema dan plugin bajakan.

Setelah mengetahui bahaya dari penggunaan nulled theme dan plugin, kami harap Anda tidak nekat untuk menggunakannya. Karena ketika Anda menggunakan tema atau plugin ilegal, situs Anda seolah-olah akan baik-baik saja padahal kenyataannya software bajakan tersebut sedang merusak situs Anda. Selain itu, penggunaan nulled theme dan plugin sudah pasti melanggar etika. Ketika Anda menggunakan tema dan plugin ilegal, tidak hanya Anda yang dirugikan namun juga para developer. Developer bisa saja kehilangan penghasilan yang harusnya didapatkan serta hak cipta atas karya yang telah mereka hasilkan dengan susah payah.

Dari pada menggunakan nulled theme dan plugin, alangkah lebih baik gunakan tema dan plugin WordPress gratis. Meskipun tidak powerfull karena sifatnya gratis akan tetapi Anda sudah merawat website Anda dengan baik dan menghargai karya para developer.

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Pos Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *